Pembuatan Peta Lokasi Pariwisata di Kota Batu Menggunakan Arcview GIS 3.3

1.langkah pertama agar kita tidak kehilangan data pada arview maka kita harus menbuat floder untuk menyimpan semua data yang akan kita gunakan dan kita edit,sebagai contoh seperti gambar dibawah ini.

 

2.setelah selesai dengan pembuatan folder baru maka kita akan copykan foto/image kota batu yang telah kita cari google terlebih dahulu untuk mengeblack foto peta tersebut pada arcview kita ke folder yang telah kita buat sebelumnya,kita lihat gambar dibawah ini agar anda tidak binggun

3.setelah itu anda bua arcview anda yang tentunya sudah terinstal pada PC anda,mari kita lihat contoh gambar dibawah ini,kita akan mulai dari start lalu ke esri lalu kita pilih lagi menu arcview gis 3.3 dan terahir kita klik arcview gis 3.3.4.maka kita akan menemukan gamar seperti dibawah ini dan pilihlah ok unutk memulai program arcview tersebut.5.setelah langkah

4 anda lalui maka akan betampilan memunculkan menu awal program arcview tersebut,maka kita buka menu file dan memilih extensions untuk bisa menampilkan foto yang akan kita black tersebut bisa dibaca arcview.6.setelah anda melakukan langkah

5 maka akan tampil beberapa menu dan kita centang imaine image support dan JPEG (jfif) image support untuk menbuka menu image pada arcview,sebagi contoh lihatlah gambar dibawah ini.

7.untuk langkah berikutnya kita akan menbuka image kita ke arcview dengan cara menekan tanda (+) pada menu,lalu kita pilih dirvis d dan menu new folder pada folder yang kita buat tadi,sebagai contoh seperti gambar dibawah ini.

8. Untuk langkah berikutnya kita ubah data souerce types nya dan diganti ke image datqa source agar bisa menbaca data image peta kita,sebagai contoh seperti gambar dibawah ini.

9.setelah langkah 8 kita lewati maka data image akan terlihat dan kita tinggal klik 2x unutk menampilkan data image tersebut ke arcview,smaka akan menampilakan data image kita seperti gambar dibawah ini.

10.kita tinggal mencentang di box yang sudah tersedia dagar image kita tampil di arcview,sebagai contoh lihat pada gambar dibawah ini.

11.untuk memulai menbuat peta kita memilih menu di view dan memilih new theme unutk memulainya,mari kita lihat gambar dibawah ini sebagai contoh.

12.maka kita akan mendapatkan 3 menu dan kita akan pilih polygon untuk mengeblock peta yang akan kita buat,sebagai contoh lihat gambar dibawah ini.

13.kita akan ditanyai oleh program arcview akan kita simpan dimana file polygon kita,agar tidak bingun mencari nantinya maka save lah data tersebut ke folder yang kita buat agar tidak bingun saat kita mencarinya nanti,coba lihat gabar dibawah ini.

14,untuk memulai mngeblack foto kita,kita pilih menu seperti gambar dibawh ini untuk memulainya.

15.lalu kita cukup mengeblack foto seperti peta aslinya,setelah selesai dengan pembatasnya kita cukup klik 2x unutk mengahiri blackan kita,sebagi contoh gambar dibawah ini.

16.saya lupa akan hal penting sebelum menbuat data polygon,yaitu dengan mengatur porpetisnya sebagai jaraknya asli dibading kepetanya agar tidak binggun untuk mengetahui seberarpa besar peta yang akan kita buat,sebagai awalnya kita buka menu view lalu kita pilih porpetis,sebagai contoh lihat gambar dibawah ini.

17.setelah itu maka akan tampil menu seperti gambar dibawah ini,maka kita tinggagl mengati map units dan distance units ya ke dalam jarak,saya memilih meter agar lebih mudah,namun bisa juga anda memilih km,feet dll.

18.kita lanjutkan tahap berikutnya,untuk mmecah wilayah pada peta yang kita buat,maka kita akan memilih pemotong pada menu seperti gambar dibawah ini unutk memotong peta yng sudah kita buat.

19.setelah itu kita tinggal memotong peta yang sudah kita buat seperti pembatas peta aslinya,setelah itu kita akhiri batas tersebut dengan menklik 2 x,dan jadinya seperti gambar dibawah ini.

20.setelah itu tinggal kita centang polygon yang sudah kita buat maka akan tampil kembali polygon yang sudah kita buat bahkan sudh terpotong di wilayah masing2 pada peta tersebut,sebagai contoh seperti gambar dibawah ini.

21.setelah itu kita klik menu table unutk menampilkan tabel,contoh gambar bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

22. untuk menambah menu pada table kita tinggal memilih add recort pada menu table yang tersedia di arcview ini,maka akan kita jumpai tampilan seperti dibawah ini,kita cukup mengubah name seperti yang kita inginkan,dengan type string untuk tulisan dan width untuk panjang tulisan tersebut.

23.maka setelah itu semua kita lakukan akan menahmbah data pada table,sebagai contoh seperti gambar dibwah ini.

24.sekarang kita tinggal mengisi data pada table tersebut dengan cara memilih menu edit dan kita tinggal isi data pada table tersebut sesuai data peta yang kita buat,sebagi contoh seperti gambar dibawah ini.

25.untuk mengahiri pengisi data pada table pilihlah menu table dan pilih stop editing,sebagai contoh seperti gambar dibawah ini.

26.maka akan tampil menu unutk men save data edit kita,saya saran kan untuk pilih yes agar data kita tersimpang dengan aman,sebagai contoh seperti gabar dibawah ini.

27.sekaran kita akan menbuat jalan pada peta yang akan kita buat,awalnya kita pilih view pada menu dan memilih new theme,sebagai contoh lihat gambar dibawah ini.

28.akan kembali kita jumpai 3 menu dan sekaran pilihlah menu line unutk menbuat garis atau dalam kasus ini menbuat jalan,lalu kita tekan ok unutk memulainya,kita lihat contoh gambar dibawh ini.

29.kita akan jumpai lagi akan mengave dimana data tersebut,maka kita akan save di floder yang kita buat tadi,sebagi contoh lihat gambar dibawah ini.

30.klik doubel klik pada line yang sudah kita buat tadi di sebelah kiri tersebut unutk mengatur lebar dan tipe garis ynag kita inginkan,sebagi contoh lihat gambar berikut.

31.untuk menu tampilannya seperti gambar dibawah ini.

32.pilih size 1 atau lebih agar garis yang kita buat terlihat,contoh sperti gambar dibawah ni.33.untuk memulai menbuat garis kita tinggal klik menu seperti gabar dibwah ini.

34.setelah itu block kembali data jalan pada peta yang ada digambar tadi dan akhirnya dengan double klik,sebagai contoh seperti gambar dibawah ini,lalu lanjutkan sehingga selesai gamabar jalan dipeta kita tersebut.

35.untuk persimpangan sebaiknya anda mengunakan menu seperti gambar dibawah ini.

36.setelah selai kita klik lagi polygon yang sudah kita buat maka akan seperti gambar yang ada dibawah ini.

37.untuk menampilakan data table seperti langkah dipolygon,lihatlah gambar dibawah ini.

38.kita pilih menu edit dan add field untuk menambah file yang ada ditable tersebut.

39.maka kita akan tinggal isi data nama jalan,dan caranya seperti yang sudah saya jelaskan diatas dimana penamaan polygon,sebagai contoh gambar dibawah ini.

40.selanjutnya kita tinggal stop editing unutk mengahiri pengeditan dan kita save data tersebut.

41.sekarang saatnya kita menbuat point untuk menberitahu dimana saja lokasi peta yang ada di peta tersebut,cranya masih sama seperti kita menbuat polygon namun kini kita memilih poin pada menu yang tersedia,seperti gambar dibawah inilah pilihan kita itu.

42.kita akan save kembali di floder yang kita buat tadi agar semua data tersimpang,seperti ini lah gambarnya.

43.kita double klik untuk menbuat point kita lebih bervariasi,seperti gambar dibawah ini dan setelah selesai untuk itu kita tinggal klik appy.

44.sekarang tinggal kita pilih dimana saja tempat pariwisata yang ada dan tinggal kita klik seperti gambar dibawah ini.

45.sekarang sama seperti yang lalu,kita pilih menu table untuk mengedit atau mengisi data pada point yang sudah kita buat dengan cara yang sama seperti diatas tadi.

46.sekarang sudah terisi seperti gambar dibawah ini dan kita tinggal menstop edit dan mengesavenya agar data kita tidak hilang.

47.maka seperti inilah gambaran kasar dari peta yang sudah kita buat.

48.sekarang tinggal kita save projek yang sudah kita buat agar suatu saat kita mau mengeditnya kembali bisa dengan mudah,caranya tinggal kita pilih menu file dan kita pilih save project,saya sarankan untuk mensave di new floder yang kita buat tadi agar datanya tidak kemana mana saat kita mencarinya.

seperti itulah turtorial ini saya buat,semoga bermanfaat buat semuanya dan anda tidak bingun untuk mengikuti turtorial tersebut J

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s